Mari ke Kampoeng Jelok ( Kampoeng Wisata - Resto - Cottage - Outbond ),, Kami tungu...

Thursday, July 9, 2015

Festival Merti Kali Oya




Kali Oya yang melintasi Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Bantul memiliki potensi wisata yang cukup tinngi untuk dikembangkan.



Di Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul ada sebuah Desa Wisata yang yang terletak dipinggir kali Oya dan memiliki sebuah icon yang jarang dimiliki desa wisata lainnya, yaitu jembatan gantung Jelok yang diresmikan oleh Sri Sultan HB X pada tahun 1999.

Kehidupan masyarakat Dusun Jelok sebagian tidak terlepas dari pertanian sebagai sumber pokoknya dan atas melimpahnya hasil pertanian yang didukung keberadaan Kali Oya,  maka masyarakat setempat selalu menggelar syukuran ( Kenduri ) untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

Sejak status Dusun Jelok menjadi Desa Wisata,  Syukuran tersebut dibuat lebih menarik wisatawan dengan adanya Festival Merti Kali Oya



Dengan rangkaian  kegiatan kesenian, adat budaya lokal seperti Festival Dolanan Anak, Festival layang – layang, Pentas Kesenian Tradisional. 

Puncak acara pun dikemas lebih sakral seperti tradisi Keraton Yogyakarta dengan mengarak Gunungan ( tumpeng raksasa ) dari kediaman Kepala Dusun melalui jalan utama desa menuju Sungai Oya, kemudian tokoh masyarakat secara simbolis mengambil sebuah hasil bumi, memimpin seluruh warga untuk berdoa bersama sebagai rasa syukur, barulah Gunungan dibagikan kepada masyarakat dan pengunjung yang ikut menyaksikan jalannya prosesi Merti Kali Oya.

Tahun ini Merti Kali Oya diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus 2015, yang telah diawali
Launching Kampoeng Jelok Resto serta sebagai pembukaan Festival Merti Kali Oyo ke-4 dan  secara simbolis diresmikan oleh GKR Mangkubumi dan KPH Wironegoro beserta perwakilan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul pada hari Jumat 12 Juni 2015.


Mari... Merasakan Jogja yang Sebenarnya bersama Kampoeng Jelok 







0 comments:

Post a Comment